Skip to main content

BELAJAR MEMBUAT SARONG PANTAI

Artikel yang sederhana ini dengan Judul BELAJAR MEMBUAT SARONG PANTAI, untuk kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengalaman seputar sarung pantai atau batik colet, semoga isi artikel ini bisa sobat pahami dan nikmati... Baiklah, Selamat Membaca!

Sarong pantai atau sarong batik bali, sangatlah terkenal, hingga ke mancanegara. Tapi mungkin ada sebagian masyarakat indonesia yang masih belum mengetahui tentang sarung pantai khas bali ini. Oleh karenanya, kami ingin sedikit memberi gambaran dan memaparkan tentang pembuatan sarung skala rumahan atau di buat untuk sobat sendiri.





SARONG PANTAI KHAS BALI

Dalam pembuatan sarong pantai, sebenarnya banyak model dan jenisnya. Di sini kami ingin memaparkan pembuatan dari malam print dan malam canting saja. Kalau malam print bisa di gunakan dalam skala besar, sedang malam canting bisa di buat untuk sobat sendiri. Prosesnya pun tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelatenan dan kesabaran. Dan bahan kain dan obat warna, serta peralatan lainnya bisa membeli di toko khusus warna dan kain.

Secara umum dalam proses pembuatan sarong pantai painting bisa di lakukan melalui beberapa tahapan diantaranya; pemilihan kain, membuat sket Motif, pemberian Malam (lilin) pada kain atau kata lain di canting, selanjutnya pemberian warna atau di colet, dijemur, di waterglass dan pelepasan lilin pada kain, kemudian di beri softener dan di jemur kembali. Untuk lebih jelasnya lihat langkah-langkah di bawah ini.


LANGKAH PEMBUATAN SARONG PANTAI - PAINTING KHAS BALI


langkah awal yang perlu sobat persiapkan ialah, kain, canting, tempat kain sebelum di beri warna (Plangkan), sepon di buat seperti pensil untuk alat pewarna pada kain, waterglass, softener dan warna obat menurut motif dan selera sobat sendiri. Baiklah mari kita Mulai dari langkah awal;

PERTAMA - PERSIAPAN KAIN
Kain yang bisa di gunakan adalah kain jenis rayon, macam-macam kain pun banyak, sobat mau pilih yang mana saja, sebagai saran sebaiknya mengunakan kain rayon cap janger saja, karena selain sedikit murah di banding merek lainnya, kualitasnya bisa di bilang bagus.
Untuk pembuatan satu sarong pantai, sobat harus menentukan ukuran sesuai selera, tapi biasanya yang di gunakan untuk sarong pantai  untuk panjang kain 2 meter dan lebar 120 cm.

KEDUA - DI SKET  DAN DI CANTING
Pembuatan sket atau motif, sesuai selera sobat, misal motif bungga, hewan, pemandangan maupun wanita cantik. Selanjutnya kain yang sudah di beri motif, di canting menggunakan lilin atau malam canting (di sini kami hanya membahas skala kecil saja) karena bila membuat skala besar bisa menggunakan print malam, tujuannya ialah untuk mempercepat hasil produksi.

Gunanya kain di canting mengunakan malam atau lilin, bertujuan supaya nantinya saat proses pemberian warna antara warna satu dan dua tidak bertabrakan. Atau kata lain sebagai pemisah, sebagai contoh antara warna kuning dan merah supaya tidak berbaur menjadi satu.

KETIGA - DI WARNA ATAU DI COLET
Setelah kain sarong ukuran 2 meter tersebut di canting, langkah selanjutnya ialah pemberian warna atau di Colet dengan cara Kain di bentangkan di atas plangkan atau gawangan yang sudah di buat khusus. Sobat bisa membuatnya sendiri dengan ukuran lebar 130 cm dan panjang 2,10 meter. Tujuannya supaya kain terbentang dengan kencang.
Lihat contoh; Motif-Motif Batik sarong pantai

Dan untuk pinggiran kain mesti di tarik menggunakan karet dan peniti. Setelah siap, sobat sekarang mulai memberi warna atau di colet dengan menggunakan sepon yang sudah di buat tadi. Untuk langkah ini di perlukan ke hati-hatian, supaya sarong yang di hasilkan menjadi bagus. Untuk pewarnaan di mulai dari motif dulu, setelah motif selesai di beri warna selanjutnya di blok kain secara keseluruhan.

KEEMPAT - DI JEMUR
Setelah selesai di beri warna, selanjutnya Kain di jemur langsung di bawah sinar matahari, dalam keadaan kain masih di atas plangkan. Ini bertujuan supaya hasil warna sarong nantinya akan terlihat cerah. Karena faktor alam ikut mempengaruhi hasil dari kain sarong tersebut. Bila cuaca mendung, warna kain sarong yang di hasilkan akan terlihat suram dan warna tidak cerah.
Setelah kain yang di colet kering, kain bisa sobat lepas.

KELIMA - MEMATIKAN WARNA WATERGLASS
Cara pembuatan waterglass disini perlu hati-hati, karena bahan dari zat kimia tersebut, bila tekena mata akan berakibat fatal. Pencampuran untuk satu kain  ialah;
Waterglass setengah kilo
Air satu liter
Kostik atau soda api secukupnya. Sebagai perbandingan 2:1:01.

Sesudah kain sarong di waterglass, kemudian di gantung, tujuananya supaya tidak ngemplek antara warna yang satu dengan yang lain. Biarkan selama 20 menit supaya warna yang di hasilkan semakin bagus. Selanjutnya kain di cuci di dalam bak, gunanya supaya waterglass sedikit hilang.

KEENAM - {DI LOROT} PEMASAKAN KAIN SARONG
Setelah di cuci di bak pertama, lalu di angkat dan di masak menggunakan drum dan air panas tentunya, tujuannya untuk menghilangkan lilin yang menempel pada kain sarong. Setelah bersih angkat dan masukkan pada bak ke dua air yang bersih.

KETUJUH - SOFTENER
Setelah kain sarong bersih dan di angkat, Selanjutnya persiapkan softener. Lalu kain sarong tersebut di masukan kedalam softener yang sudah di campur dengan air. Tujuannya supaya kain sarong bertambah halus dan awet.

KEDELAPAN - DI JEMUR KEMBALI KAIN SARONG YANG SUDAH DI PROSES
Sesudah di softener, langkah selanjutnya di jemur dengan mengunakan tiang yang di beri paku di pinggirnya. Tujuannya supaya tidak belang-belang warna kain sarongnya. Selanjutnya setelah kering, sobat bisa menikmati dan memakai hasil karya sarong batik sendiri. Selamat mencoba!

Baca juga; pengalaman tukang colet beri warna pada sarong pantai
Demikianlah BELAJAR MEMBUAT SARONG PANTAI, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan untuk kita semua. Salam COLETION, welikealquran.blogspot.com

Comments

ARTIKEL TERKAIT

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

MALAM UNTUK PRINT
        Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet.
Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print).
Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri.

Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri.

MALAM PRINT BATIK

BAHAN-BAHAN;
Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di Bawah ini;
1. Gond…

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami merangkum tentang warna-warna khusus pembuatan sarong batik pantai, untuk bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.

Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis
7. P.BNH=Violet
8. R. RB= pink
8. R. BB= Hit…

WARNA UNTUK MOTIF KAMBOJA PALM

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Warna dan Motif untuk batik colet (sarung pantai). Dan untuk kesempatan kali ini kami ingin memperkenalan tentang pencampuran warna untuk Motif Kamboja Palm.

Di dalam pembuatan batik colet, hal mendasar yang perlu di ketahui adalah tentang warna-warna. Dan untuk batik colet sendiri menggunakan jenis warna dari jenis Remasol. selain remasol, ada warna lain seperti polkatif, pixmen dan lainnya. Jadi apabila sobat ingin mengetahui tentang warna serbuk dari jenis remasol ini silahkan untuk membaca di sini; Apa itu Remasol?.

Mari untuk melanjutkan tentang warna dari motif kamboja palm. Untuk Batik colet dari motif ini menggunakan bahan print malam dingin, jadi sudah tidak menggunakan canting lagi (mal@m p@nas). Tentu dari kedua model tersebut ada perbedaannya Dan untuk perbedaan dari keduanya (print - canting), adalah dari segi produksi dan desain untuk motifnya.




Untuk melihat contoh gambar dari motif kamboja palm ini seperti di bawah ini;

MOT…

PROSES MEWARNA BATIK COLET

Hi...sobat, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang Proses Mewarna Batik colet. Dan kami Khususkan bagi yang belum mengenal dan mengetahui tentang batik colet, kami sarankan untuk membaca postingan ini, kenapa? Bukan apa-apa sih!, siapa tahu saja bisa menambah pengetahuan dan wawasan, jika suatu saat nanti ingin bekerja atau ingin membuat sendiri batik colet.




Tentu sudah kita ketahui bersama, jika Bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan, dan sebagai salah satunya ialah seni membatik. Sedangkan untuk Membatik sendiri juga tidak lepas dari banyak jenis, ragam dan warna. Nah..di sini kami hanya ingin berbagi dalam proses mewarna untuk Batik colet atau di dalam produksi kami di beri nama Batik Sarong Pantai. Adapun Cara dan pengerjaannya bisa di bilang susah-susah mudah, dan langkah awal untuk memulai inilah yang perlu perjuangan, dengan banyak belajar, penuh ketekunan dan pantang menyerah (semangat). Ini adalah merupakan modal awal untuk bisa memulai.

BAGAIMANA MEMBUAT WARNA UNTUK LILAC SACHET

Hi...sobat, bagaimana kabarnya saat ini?, semoga saja selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin. Nah, Untuk kesempatan yang baik ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara pencampuran warna supaya bisa menghasilkan warna untuk lilac sachet.

Sebelum melangkah ke pokok bahasan, ada baiknya sobat mengetahui seperti apa warna lilac sachet itu. Lilac sachet kalau dalam bahasa indonesia kami menyebutnya pink muda (untuk contoh warna gambar sedikit miring dari yang asli - lari ke semu coklat) . Dan warna ini di hasilkan dari serbuk warna dasar dari jenis remasol. Dan untuk selanjutnya di gunakan dalam pewarnaan Batik colet, paiting, celup, sarung pantai dan lainnya.

CONTOH WARNA LILAC SACHET

Jenis Remasol ini untuk para Pembatik tentu sudah tidak asing lagi, karena mereka setiap hari berkecimpung dalam hal warna, namun bagaimana dengan mereka yang belum mengetahui tentang warna Remasol?, jika sobat ingin mengetahui tentang warna-warna dari jenis remasol bisa membacanya di sini; Apa itu Warna…