Skip to main content

MENGENAL TENTANG BATIK COLET

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan kami, blognya Motif-motif Batik colet dan sarong pantai. Dan pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi dan memperkenalkan tentang Batik colet.





Sebelumnya kami juga telah mengulas tentang batik colet motif Hibiscus tribal, jika sobat ingin mengetahui informasinya silahkan membaca di sini→ MOTIF HIBISCUS TRIBAL. Dan di bawah ini adalah satu contoh gambar dari batik colet;

                      MOTIF HIBISCUS KAMBOJA

Pada dasarnya untuk pembuatan batik colet di perlukan beberapa tahapan, jika sobat ingin mengetahuinya silahkan menyimak gambaran dari langkah berikut ini;

1. PEMBUATAN DESAIN (MOTIF);
Dalam pembuatan motif di perlukan kertas mika dan tinta, gunanya untuk menggambar dari motif yang akan di buat seperti contoh di atas.

2. ABDREK;
Kemudian selanjutnya di abdrek atau di buat film gambarnya, yang harus di lakukan pada ruang tertutup dan gelap. Sebelumnya harus membuat plangkan untuk tempat film gambar yang harus di beri bahan supaya film bisa menyatu. Tunggu sekitar empat jam atau lebih, kemudian plangkan tersebut di ambil dan di jemur sebentar dan di siram menggunakan selang air yang cukup deras. Selanjutnya di kontrol bila ada bocor pada plangkan {skikrin} yang sudah jadi tersebut. Dan selanjutnya persiapan skikrin.

3. PRINT MALAM;
Langkah selanjutnya persiapan pada meja print untuk menggukur panjang kain yang akan di gunakan dan persiapan malam (lilin). Selanjutnya tuangkan malam pada skikrin sesuai ukuran dan pada meja print di beri kain, tujuannya untuk mencetak batik tersebut. Pekerjaan ini harus di lakukan oleh dua orang. Setelah di garuk skikrin pada kain kemudian di angkat dan di gantung. Hal ini tidak bisa langsung di pakai (colet) tunggu hingga satu hari.

4. PERSIAPAN COLET;
Nah...ini yang menjadi jantungnya batik, khususnya batik colet. Langkah awal yang perlu di persiapkan ialah memasang kain yang sudah di print malam pada sebuah plangkan khusus colet, di mana pada setiap sisi pinggir di beri karet dan peniti. Tujuannya ialah agar kain yang di pasang pada plangkan tersebut menjadi kencang.

Dan langkah kedua mempersiapkan warna yang akan di butuhkan pada motif tersebut, dan tak lupa alat berupa sepon khusus untuk menuangkan warna pada kain. Disinilah di butuhkan ketrampilan, mengerti tentang warna, dan telaten. Karena jika salah sedikit saja atau antara warna satu dengan warna lain bertemu bisa di bilang rijek.

Selanjutnya di mulai dengan mengisi warna dari bungga dulu atau daun (dengan kata lain) harus warna yamg mudah terlebih dahulu, ini bukan tampa sebab tujuannya ialah bila terjadi rijek nantinya lebih mudah dalam menservisnya.

Bila semua telah di isi selanjutnya memberi warna dasar atau di blok. Di sini juga harus di tuntut untuk mengetahui ukurannya, jangan terlalu kering memberi warna, kenapa? Jika terlalu kering bisa membuat warna pada kain menjadi belang-belang. Juga jangan terlalu basah, kenapa? Ini bisa bertemu antara warna blok dan isi, yang berakibat menjadi rijek.

Di sinilah dituntutnya sebagai pemberi warna (colet) pemahaman tentang warna, kenapa harus begitu? Satu contoh saja jika sebuah isi bungga berwarna hijau, sedangkan warna dasar berwarna TQ, bila kedua warna tersebut bercampur maka akan menjadi warna hijau rasta atau bila warna kuning bercampur dengan TQ maka akan menjadi warna hijau dan begitu seterusnya.

Setelah pewarnaan selesai selanjutnya kain tersebut di jemur sampai kering. Dan sebelum di beri waterglass atau pemati warna, calon dari batik colet tersebut tidak boleh terkena air walau satu tetes, ini bisa membuat rijek untuk selanjutnya. Bisa di perbaiki namun mengulang lagi dari awal.

Demikianlah sedikit gambaran dan informasi tentang batik colet, jika sobat memiliki pertanyaan dan saran kami persilahkan memberi komentar di bawah. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. #salam batik colet.

Comments

ARTIKEL TERKAIT

BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA

WARNA


Artikel yang berjudul BELAJAR MENGENAL DAN MENCAMPUR WARNA, Kami telah merangkum tentang warna-warna yang bisa di gunakan dalam pembuatan Batik Sarung  pantai, Batik colet. Supaya bisa sobat baca dan ambil informasi yang ada di dalamnya, Baiklah selamat membaca!

Di dalam pekerjaan pembuatan sarong pantai tentunya hal utama yang harus di ketahui dan di mengerti adalah mengenal dan mencampur warna, dan Ini adalah pokok yang tidak bisa ditawar. Memang bagi yang berkecimpung dalam bidang ini tidaklah menjadi masalah, berbeda dengan yang baru dan ingin membuka usaha dalam bidang pembuatan sarong pantai. Tentu akan di tuntut untuk mengetahui dan mengerti tentang warna-warna. Di sini kami ingin sedikit berbagi tentang jenis Remasol dari warna pembuatan sarong batik, untuk menjadi contoh dalam memahami warna-warna tersebut.

Baca juga; tentang sarong batik pantai MENGENAL NAMA WARNA DALAM REMASOL
1. P. FG= Kuning
2. P.GR= Orenge
3. R. 3R= Merah
4. KNR =Biru
5. P. 2R= Biru
6. R. TQ= Turkis

MENGENAL WARNA JENIS REMASOL

Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif batik sarong pantai ataupun Batik colet. Nah... Untuk Kesempatan kali ini kami ingin berbagi postingan tentang cara mengenal warna-warna dari jenis Remasol, yang nantinya bisa di pergunakan untuk pewarnaan batik colet.




Di dalam pembuatan seni batik colet tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam jenis warna seperti; Direk, polkatif, remasol dan yang lainnya. Di sini kami khususkan, hanya pada jenis remasol saja.

Dan Untuk mengetahui warna-warna dari jenis remasol ini, sobat bisa melihat beberapa contoh dibawah ini, (dan perlu di ketahui hanya untuk warna-warna yang biasa di pakai dalam proses pembuatan batik colet saja);

WARNA-WARNA DARI JENIS REMASOL;

1. FG {KUNING};
FG adalah bahan dasar dari jenis remasol yang berwarna kuning. Jadi jika sobat ingin membuat warna menjadi kuning yang di butuhkan cukup FG saja. Kecuali untuk membuat warna cream bisa memakai dua jenis warna dasar remasol seperti; FG da…

BAHAN DAN PEMBUATAN MALAM PRINT BATIK

MALAM UNTUK PRINT
        Hi...sobat, berjumpa kembali dengan blognya Motif-motif Batik Sarung pantai atau Batik Colet.
Untuk postingan kali ini kami ingin berbagi tentang Bahan yang digunakan dalam pembuatan Malam dingin atau (malam print).
Untuk bisa mendapatkan malam print yang bagus tidaklah begitu sulit, banyak yang telah menju@lnya salah satunya sobat bisa mencari di Toko warna, akan tetapi untuk h@rga nantinya bisa sobat bandingkan dengan pembuatan sendiri.

Untuk bisa membuat print malam dingin yang akan dipergunakan dalam pembuatan print batik colet tidaklah terlalu rumit, hanya saja yang perlu sobat perhatikan dan ketahui adalah tentang Bahan-bahan yang di perlukan, dan proses untuk mengolahnya. Jika kedua hal ini sudah sobat ketahui maka selanjutnya sobat bisa memulai untuk membuat malam print sendiri.

MALAM PRINT BATIK

BAHAN-BAHAN;
Ok...selanjutnya adalah mempersiapakan Bahan-bahan yang akan di gunakan untuk pembuatan malam print, contohnya seperti di Bawah ini;
1. Gond…

CONTOH WARNA FAIR AQUA

Hi...sobat, untuk postingan kali ini Kami ingin memperkenalkan tentang contoh warna untuk Fair Aqua. Sebelumnya perlu di ketahui juga, untuk Bahan kain yang bisa di gunakan adalah dari Jenis Rayon, seperti RK3, jangger dan lainnya. Sedangkan untuk warna bisa mengunakan Jenis Remasol. Nah...untuk contoh warna-nya seperti di bawah ini;

CONTOH WARNA FAIR AQUA
Warna ini nantinya bisa di gunakan dalam proses pembuatan batik sarung pantai, batik colet, celup, batik canting, Baju, kebaya dan lainnya. Karena biasanya dalam pencarian warna baru (profing), di butuhkan waktu yang relatif lama, oleh sebab itu di sini kami ingin mempermudah dan memperkenalkan tentang warna-warna jenis remasol, Apa itu Remasol ?

Bagaimana cara membuat dan pencampuran warna untuk bisa menghasilkan warna tersebut?, sedikit saran Bagi yang belum mengetahui tentang jenis Remasol ada baiknya untuk membacanya terlebih dahulu, dan bagi yang sudah terbiasa berkecimpung dalam Dunia Warna monggo di lanjutkan membacanya.

PROSES MEWARNA BATIK COLET

Hi...sobat, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang Proses Mewarna Batik colet. Dan kami Khususkan bagi yang belum mengenal dan mengetahui tentang batik colet, kami sarankan untuk membaca postingan ini, kenapa? Bukan apa-apa sih!, siapa tahu saja bisa menambah pengetahuan dan wawasan, jika suatu saat nanti ingin bekerja atau ingin membuat sendiri batik colet.




Tentu sudah kita ketahui bersama, jika Bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan, dan sebagai salah satunya ialah seni membatik. Sedangkan untuk Membatik sendiri juga tidak lepas dari banyak jenis, ragam dan warna. Nah..di sini kami hanya ingin berbagi dalam proses mewarna untuk Batik colet atau di dalam produksi kami di beri nama Batik Sarong Pantai. Adapun Cara dan pengerjaannya bisa di bilang susah-susah mudah, dan langkah awal untuk memulai inilah yang perlu perjuangan, dengan banyak belajar, penuh ketekunan dan pantang menyerah (semangat). Ini adalah merupakan modal awal untuk bisa memulai.